Cara Menambahkan Domain Baru ke Hosting atau Addon Domain (2020)

Content Protection by DMCA.com
81 / 100

Terakhir di Update September 4, 2020

Ingin menambahkan domain baru ke hosting kamu? Bisakah 1 hosting 2 domain? Tentu bisa! Ini dinamakan Addon Domain. Dengan addon domain, kamu bisa ngehost berbagai website dan dalam satu hosting. Jadinya tidak perlu beli hosting baru untuk tiap domain kamu.

Biasanya addon domain digunakan untuk menghemat duit untuk beli hosting. Jadi anda bisa punya 2 domain dalam 1 hosting dan bisa untuk buat blog WordPress juga.

Cara untuk tambah domain baru ke hosting yang kamu miliki pun sangat mudah. Kita hanya perlu login ke cPanel, tambah nama domain, kemudian mengarahkan nameserver domain ke nameserver hosting.

Namun yang patut diperhatikan, biasanya ada batasan oleh penyedia hosting seberapa banyak domain yang bisa kamu tambahkan dalam satu paket hosting. Jumlahnya bervariasi, kalau di Niagahoster paket pelajar batasan Addon Domain adalah 10 domain.

Untuk menambahkan addon domain, kita harus login ke cPanel ya. Yuk langsung saja tutorial cara tambah addon domain ke hosting.

addon domain

Menambahkan Domain Baru ke Hosting

Untuk tambah domain ke cPanel maka pertama kita harus login ke cPanel. Setelah berhasil login, selanjutnya cari menu Domain dan pilih Addon Domain.

Cara Menambahkan Domain Baru ke Hosting atau Addon Domain (2020) 3

Selanjutnya kita harus memasukan detail nama addon domain. Kemudian klik Add Domain. Kalau ingin buat akun FTP untuk addon domainnya bisa centang pilihan Create an FTP Account Associated with this Addon Domain.

Fitur akun FTP ini berguna kalau kamu menjual website dalam satu hosting dan klien ingin punya akses ke folder website FTP. Pada tutorial ini kita skip ya karena kita gunakan addon domain untuk keperluan pribadi dan kita punya akses ke cPanel itu sendiri.

Cara Menambahkan Domain Baru ke Hosting atau Addon Domain (2020) 5

Selamat! Kita berhasil tambah domain di cpanel. Selanjutnya kalau mau buat website di addon domainnya maka kamu harus ikuti cara install WordPress ini. Tapi sebelumnya bisa install SSL terlebih dahulu agar tidak ribet nantinya.

Konfigurasi Addon Domain

Setelah berhasil menambahkan addon domain, nanti kamu bisa lihat folder yang kita buat sebelumnya muncul di File Manager secara otomatis. Kalau kamu pakai FTP FileZilla nanti juga bisa keliatan.

Yang paling penting setelah melakukan addon domain, jangan lupa untuk mengarahkan nameserver domain ke hosting tempat kamu buat addon domain. Kalau saya sih sebelum membuat addon domain, saya selalu mengarahkan nameserver dulu ke hosting. Baru setelahnya saya addon domain.

Selain itu kamu juga bisa melakukan redirect domain ke domain utama dengan menambahkan addon domain terlebih dahulu. Caranya adalah pergi ke menu Addon domain. Kemudian cari addon domain yang ingin diredirect dan pilih Manage Redirection.

Cara Menambahkan Domain Baru ke Hosting atau Addon Domain (2020) 7

Selanjutnya bisa masukkan domain tujuan ya dan pilih Save.

Cara Menambahkan Domain Baru ke Hosting atau Addon Domain (2020) 9

Kesimpulan

Nah itu dia tutorial cara menambahkan domain baru ke hosting atau istilahanya tambah addon domain. Dengan cara ini kita bisa punya 2 domain dalam 1 hosting. Lebih menghemat biaya dan juga bisa digunakan untuk redirect domain. Selain itu juga kita bisa buat email domain sendiri.

Jika artikel ini bermanfaat, bisa berbagi komentar dan saran ya. Ada tombol share dibawah ini untuk yang mau berbagi ke teman-temannya. Kalau ada apa-apa, bisa langsung tanyakan ke Saya lewat Facebook atau gabung ke Grup Facebook ini.

Leave a Reply