#1 Tutorial Redirect / Pindah WordPress ke Domain Baru (Domain Forwarding) 2020

Content Protection by DMCA.com
90 / 100

Terakhir di Update September 3, 2020

Tutorial kali ini akan membahas cara redirect atau pindah wordpress ke domain baru website anda yang lebih SEO friendly atau istilahnya Domain Forwarding. Cara ini berbeda dengan redirect url konten website anda ya.

Apa itu domain forwarding? Istilahnya anda ingin mengganti domain website lama anda ke domain website yang baru. Contohnya website saya ini. Sebelumnya saya menggunakan domain https://pintarwordpress.com dan sekarang saya pindah ke domain baru di https://belajarwpseo.com

Alasan saya milih pindah domain adalah karena masalah Copyright dan juga saya ingin scale up menulit untuk tutorial WordPress dan juga tutorial SEO untuk WordPress.

Dengan teknik pindah wordpress ke domain baru ini anda tidak perlu pusing pikirin downtime, dan internal link website lama anda. Cara ini juga akan bermanfaat ke optimasi SEO anda. Karena semuanya akan selesai dalam sekejap dan pengunjung website lama anda akan otomatis redirect ke domain baru anda.

Bagi kalian yang menggunakan custom domain untuk blog di WordPress.com dan sudah melakukan migrasi dari WordPress.com ke WordPress.org bisa mengikuti metode redirect dengan mengarahkan domain ke hosting baru anda. Tutorialnya ada di paling bawah ini ya.

Note

Syarat utama pindah domain yang seo friendly adalah anda tidak mengubah struktur website yang ada. Untuk itu kita akan gunakan fitur backup & restore dari website domain lama ke domain baru.

tutorial pindah domain wordpress

Cara Pindah WordPress ke Domain Baru

Berikut ini adalah cara pindah wordpress ke domain baru

  1. Wajib pakai Plugin UpdraftPlus untuk backup & restore
  2. Backup website dari domain lama anda.
  3. Restore website domain lama ke domain baru.
  4. Setting redirect dari domain lama ke domain baru di penyedia domain anda
  5. Update Google Search Console untuk pindah domain

Backup & Restore Pakai Plugin Updraftplus

Updraftplus ini plugin wajib untuk WordPress karena sangat powerful. Dengan menggunakan plugin Updraftplus, anda tidak perlu pusing dengan internal link yang ada di website lama anda karena secara otomatis internal link tersebut akan berubah ke domain website baru anda.

Ikuti tutorial backup restore domain website lama ke domain website dengan plugin UpdraftPlus.

Setting Redirect / Domain Forwarding Domain Lama ke Domain Baru

Cara berikutnya adalah redirect atau memindahkan domain lama ke domain baru atau istilahnya domain forwarding.

Fitur domain forwarding yang akan kita gunakan adalah Wild Card Domain Forwarding. Dengan cara ini, semua website lama anda redirect ke website baru anda. Contoh websitelamaanda.com/konten-a/ akan otomatis redirect ke websitebaruanda.com/konten-a.

Cara pindah wordpress ke domain baru ini sangat berguna jika anda punya konten yang sudah sangat banyak. Jadi tidak perlu ribet atur redirect url manual. Cara ini juga sangat berguna untuk optimasi SEO domain website baru.

Note

Pada dasarnya untuk menggunakan wild card, website di domain baru anda harus menggunakan permalink / path yang sama dengan website lama. Tetapi karena anda menggunakan backup dan restore dari website lama maka tidak perlu khawatir hal ini.

Syarat utama wild card juga adalah domain lama dan domain baru harus berada pada satu hosting / directory. Anda bisa ikuti tutorial pindah wordpress ke domain baru beda hosting dibawah ini.

Masuk ke cPanel atau Domain Manager

Silakan masuk ke cPanel atau domain manager. Kalau ada menggunakan Niagahoster, maka anda tinggal masuk ke Kelola Domain > Domain Forwarding. Disana anda tinggal memasukkan domain baru saja atau menggunakan cara mengganti a record. Tapi kedua cara tersebut membutuhkan waktu propagasi 1×24 jam.

Cara terbaik adalah masuk ke cPanel, kemudian pilih Redirects.

pindah wordpress ke domain baru
Pilih Redirects di cPanel

Selanjutnya adalah pilih Type = Permanent (301) dan pilih domain lama yang ingin dipindahkan kemudian masukkan domain baru anda. Jangan lupa centang Wild Card Redirect. Tinggal tekan Add dan selamat domain lama anda sudah pindah ke domain baru anda.

wildcard redirects
Domain Forwarding Wild Card Redirects

Pindah Domain Lama ke Domain Baru Beda Hosting

Cara ini untuk memindahkan domain website lama ke domain website baru berbeda hosting / direktori. Cara pindah wordpress ke domain baru ini juga akan bermanfaat ke SEO anda karena akan redirect pengunjung domain lama ke domain baru. Apalagi jika domain lama anda sudah memiliki backlink yang banyak.

Cara ini juga sangat gampang, anda hanya perlu menambahkan kode ke file website domain lama anda. Copy kode dibawah ini dan paste-kan di file htaccess website lama anda.

Options +FollowSymLinks
RewriteEngine on
RewriteRule ^(.*)$ https://belajarwpseo.com/$1 [R=301,L]
#1 Tutorial Redirect / Pindah WordPress ke Domain Baru (Domain Forwarding) 2020 5
Redirect Domain Lama ke Domain Baru Dengan SEO

Domain lama anda akan otomatis dan sekejap pindah / redirect ke domain baru anda. Tahap selanjutnya adalah memberitahukan Google tentang pemindahan domain lama anda ini.

Pindah domain wordpress ke domain baru dengan cara diatas akan membuat anda tidak bisa mengakses dashboard admin wordpress website lama anda. Tapi tenang, jika anda ingin tetap bisa mengakses dashboard wordpress domain lama maka bisa gunakan kode ini saja:

Options +FollowSymLinks
RewriteEngine on
RewriteCond %{REQUEST_URI} !^/?wp-.*
RewriteRule ^(.*)$ https://belajarwpseo.com/$1 [R=301,L]

Kode diatas akan memastikan url domain apa pun yang dimulai dengan / wp- setelah domain tidak akan dialihkan. Termasuk apa saja di direktori wp-admin serta wp-login.php sehingga anda dapat mengakses admin WordPress dan halaman login.

Redirect dari WordPress.com ke WordPress.org

Cara ini hanya berlaku untuk anda yang menggunakan custom domain di blog WordPress.com anda & juga sebelumnya anda sudah melakukan migrasi ke self hosted WordPress. Kenapa harus pindah? bisa baca artikel tentang perbedaan WordPress.com vs WordPress.org.

Metodenya adalah mengarahkan nameserver domain ke hosting tempat website WordPress anda. Pertama adalah anda harus login ke dashboard tempat anda beli domain. Sebagai contoh disini saya menggunakan dashboard Niagahoster karena saya beli domain disana.

#1 Tutorial Redirect / Pindah WordPress ke Domain Baru (Domain Forwarding) 2020 7

Pada kolom nameserver 1 dan 2, masukkan nameserver hosting tempat website wordpress anda. Kalau gak tau nameserver, anda bisa langsung tanyakan ke CS nya.

Update Google Untuk Pindah Domain

Dengan kedua cara pindah wordpress ke domain baru diatas sebenarnya sudah mengikuti aturan Pindah Domain Google & hasil pencarian dengan domain lama anda akan otomatis ke domain baru anda.

Tetapi ada baiknya anda memberitahukan Google melalui Search Console bahwa anda sudah pindah domain agar data performa domain lama bisa ada di domain baru.

Syarat untuk memberitahukan Google adalah anda sudah harus verifikasi Google Web Master atau Search Console di domain baru anda dalam satu akun yang sama dengan domain lama anda.

update google pindah domain baru
Update Google Pindah Domain Baru

Pastikan anda berada di Properti domain lama anda dan memilih domain baru anda pada Settingan. Kemudian pilih Validate & Update.

Update Google Pindah Domain
Update Google Pindah Domain

Tidak perlu khawatir jika anda menemukan Recommended 301-redirects from sample pages karena pada dua cara diatas semua url konten sudah Redirects 301. Jadi anda tinggal langsung saja klik Confirm & Move.

#1 Tutorial Redirect / Pindah WordPress ke Domain Baru (Domain Forwarding) 2020 11
Berhasil Update Google Pindah Domain

Tinggal tunggu proses pemindahan data performa domain lama ke domain baru dan selamat Anda sudah berhasil memindahkan wordpress domain lama ke domain baru yang lebih SEO Friendly.

Itu dia tutorial cara pindah wordpress ke domain baru yang lebih SEO Friendly. Kalau ada pertanyaan atau request tutorial, langsung ke kolom komentar ya.

Leave a Reply