Perbedaan WordPress.com vs WordPress.org (2020) Wajib Baca Sebelum Buat Blog!

Content Protection by DMCA.com
80 / 100

Terakhir di Update July 18, 2020

WordPress merupakan platform blogging yang saya sarankan karena gratis dan banyak fitur serta sangat mudah digunakan oleh pemula. Tetapi kebanyakan pemula salah memilih karena ada dua WordPress, yaitu WordPress.com dan WordPress.org. Nah pada tulisan ini kita akan membahas perbedaan WordPress.com vs WordPress.org sebelum buat blog.

Kalau cari kata WordPress di google, pasti yang akan muncul adalah WordPress.com dan dibawahnya ada WordPress.org. Bagi orang awam pasti mengira keduanya sama tapi kenyataannya berbeda dan banyak pemula yang salah buat blog karena hal ini.

Singkatnya, kalau ingin buat blog dengan berbagai fitur yang banyak maka harus menggunakan WordPress.org. Sementara kalau ingin cuman menulis saja tanpa memperhatikan fitur serta kontrol terhadap blog, gunakan WordPress.com.

Tujuan artikel ini adalah untuk membantu pemula yang ingin terjun membuat blog di WordPress dengan mudah dan benar serta tidak menyesal dikemudian hari. Website BelajarWPSeo.com ini menggunakan WordPress.org.

Perbedaan WordPress.com vs WordPress.org

Apa itu WordPress.org?

WordPress.org atau “WordPress yang asli”. Kalau anda banyak baca atau dengan tentang “WordPress” maka yang dimaksud disitu adalah WordPress.org.

WordPress.org ini platform blogging yang 100% open-source dan gratis untuk digunakan. Iya gratis digunakan, tetapi untuk buat website anda masih harus beli hosting dan domain. Istilahnya, WordPress.org ini adalah self-host.

Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan menggunakan WordPress.org

Kelebihan WordPress.org

Keuntungan dan kelebihan menggunakan WordPress.org yang paling utama adalah kita punya akses kontrol penuh terhadap website blog. Dengan demikian kita bisa menambahkan, mengganti, serta kustomisasi blog sesuai kemauan kita.

Berikut ini keuntungan lengkap jika membuat website dengan WordPress.org & alasan mengapa BelajarWPSEO menyarankan untuk membuat blog dengan WordPress.org ini :

  • Full kontrol terhadap website anda
  • Semua data yang ada dan datang dari website 100% milik anda
  • Bisa instal plugin & tema website gratis dan premium sesukanya
  • Bisa bikin desain website sesuai kemauan anda
  • Bisa bikin segala jenis Website mulai dari blog, toko online, marketplace, web donasi, dll.
  • Bisa menghasilkan duit dari blogging menggunakan Google Adsense atau MGID
  • Bisa optimasi SEO sesuai kemampuan kita

Kekurangan WordPress.org

Nah diatas sudah dibahas mengenai kelebihan WordPress.org. Sekarang kita bahas kekurangan WordPress.org biar anda bisa paham lebih dalam mengenai WordPress ini:

  • WordPress.org masih butuh web hosting. Harga web hosting tergantung kebutuhan atau jenis website apa yang dibuat. Kalau baru mulai, bisa beli web hosting yang 50ribuan per bulan. Kalau sudah ada pengunjung maka wajib upgrade hosting.
  • Anda wajib mengerti tentang ekosistem wordpress seperti updates dan backup serta keamanan website.
  • Karena kita yang pegang kontrol penuh, kalau ada apa-apa kita yang harus cari solusinya sendiri.

Kekurangan paling penting menggunakan WordPress.org adalah biaya hosting dan setup website. Biaya hosting bisa mulai dari 50ribu hingga bahkan jutaan per bulan (tergantung kebutuhan website). Sementara biaya setup website tergantung mau buat jenis website apa.

Biaya untuk buat blog di WordPress.org termasuk hosting dan domain berkisar 250ribu hingga 400ribu per bulan. Enaknya, tema dan plugin WordPress untuk Blog banyak yang gratis dan juga punya fitur berguna.

Kenapa Harus Pilih WordPress.org

Alasan utama untuk menggunakan WordPress.org adalah karena kontrol penuh terhadap website. Kita bisa buat website apa saja di WordPress.org.

Dengan WordPress.org ini kita bisa membuat website untuk orang lain dan mendapatkan penghasilan dari situ. Kita juga tidak perlu mengerti bahasa pemrograman ataupun koding karena banyak tersedia plugin dan tema premium.

Selain itu, bagi mereka yang ingin fokus menggunakan WordPress sebagai blog, maka anda bisa monetisasi blog anda melalui Google Adsense untuk menambah penghasilan tambahan.

Dari kelebihan dan kekurangan WordPress.org diatas maka kami menyarankan untuk buat blog menggunakan WordPress.org ini. Bisa baca panduan kami tentang cara buat blog di WordPress.

Kalau tidak ingin ribet, kamu bisa gunakan jasa setup blog wordpress gratis dari saya ini. Kamu juga bakal dapetin tema dan plugin wordpress premium loh.

Apa itu WordPress.com

WordPress.com adalah layanan hosting situs web freemium yang dijalankan oleh tim yang sama di belakang WordPress.org.

WordPress.com ini dibuat oleh Matt Wullenweg pendiri WordPress.org makanya namanya sama hanya berbeda di domainnya saja & layanannya. Bisa dikatakan WordPress.com ini sisi bisnis dari WordPress.org yang gratisan. Makanya banyak orang bingung antara perbedaan WordPress.com vs WordPress.org.

Masih ingat syarat utamanya WordPress.org ini adalah harus punya hosting? Nah dengan WordPress.com anda tidak pusing memikirkan hosting (konfigurasi server, beban hosting, dll). Anda hanya perlu mengikuti plan atau paket yang disediakan.

Jadi istilahnya WordPress.com ini hosting yang memberikan layanan WordPress.org sebagai layanan utamanya. Namun, sebenarnya anda bisa memilih hosting lain selain WordPress.com loh. Untuk di Indonesia anda bisa menggunakan hosting Niagahoster untuk WordPress anda.

Tapi untuk penjelasan mengenai WordPress.com, maka kita akan bahas paket hosting di WordPress.com dilansir dari WPBeginner ya:

  • Gratis – Terbatas.
  • Personal – $48 per tahun
  • Premium – $96 per tahun
  • Business – $300 per tahun
  • Ecommerce – $540 per tahun
  • VIP – mulai dari $5000 per bulan

Kelebihan WordPress.com

WordPress.com ini bagus untuk paket Gratisnya saja. Anda tidak perlu memikirkan tentang konfigurasi server dan lain-lain. Anda cukup fokus untuk menulis di platform blogging WordPress.com. Berikut ini adalah kelebihan WordPress.com untuk platform Blogging

  • Gratis hingga kapasistas 3GB. Bisa simpan data gambar dan tulisan hingga 3GB. Lebih dari itu harus bayar.
  • Tidak perlu pusing memikirkan hosting, updates, backup, dan keamanan. Semua diurusi oleh WordPress.com

Kekurangan WordPress.com

Sudah lihat harga paket WordPress.com diatas? Sangat mahal bukan. Maka dari itu ini saya jelaskan lebih rinci kekurangan WordPress.com

  • Kalau anda pengguna paket Gratis, nanti di blog anda akan ada iklan yang dipasang oleh WordPress.com
  • Batasan untuk pengguna paket gratis juga tidak boleh menjual berbagai barang atau jasa apapun di blog.
  • Monetisasi terbatas. Anda hanya bisa mendapatkan uang dengan daftar di program WordAds, tidak bisa pakai Google Adsense dan penyedia CPC lainnya.
  • Tidak bisa upload custom plugin dan tema.
  • Jenis website yang ditawarkan terbatas tergantung paket yang dipilih. Tidak bisa buat website membership.
  • Pengguna gratisan mendapatkan domain gratis (bloganda.wordpress.com). Kalau ingin pakai domain sendiri, harus beli paket personal. Jadi biayanya dobel.

Sudah lihat kekurangannya perbedaan WordPress.com vs WordPress.org? Sangat terbatas bahkan untuk sekadar blogging. Maka dari itu saya sarankan untuk menggunakan WordPress.org dan memakai hosting lain seperti Niagahoster.

Kalau misalnya anda sudah terlanjur memilki blog di WordPress.com dan ingin pindah ke WordPress.org, anda bisa mengikuti tutorial migrasi dari WordPress.com ke WordPress.org.

Kenapa Pilih WordPress.com?

Gunakan WordPress.com kalau anda hanya ingin menulis tanpa tujuan monetisasi dan tidak ingin kustomisasi blog anda. Dengan tujuan tersebut paket gratisan dari WordPress.com sudah cukup untuk anda.

Kesimpulan Perbedaan WordPress.com vs WordPress.org

Berikut ini kesimpulan dari perbedaan WordPress.com vs WordPress.org. Kesimpulan dibawah ini saya membandingkan antara WordPress.org dan paket free WordPress.com

WordPress.orgWordPress.com (Freemium)
BiayaCukup bayar hosting dan domain mulai dari 300ribu per tahunGratis – $5000usd per bulan
Domain KhususIyaTidak
Kapasitas HostingUnlimited di Niagahostermulai dari 3GB
BrandingBebasTerbatas
Optimasi SEOYaTidak
MonetisasiYaTidak -Terbatas
Custom DesainYaTidak
Bantuan TemaYaTidak
Bantuan PluginYaTidak
Jenis Website yang bisa dibuatSegala jenis websiteTerbatas untuk blog dan toko online

FAQ Perbedaan WordPress.com vs WordPress.org

Biar tidak bingung dan agar anda lebih paham perbedaan WordPress.com vs WordPress.org, maka saya buatkn FAQ / pertanyaan umum yang sering ditanyakan oleh para pemula.

Lebih bagus mana? WordPress.com vs WordPress.org?

Sudah tentu WordPress.org. Anda bisa buat jenis website apa saja dan tentu lebih murah ketimbang WordPress.com. Tapi kalau cuman ingin menulis dan tidak punya tujuan monetisasi, serta tidak ada duit beli hosting dan domain, maka bisa gunakan WordPress.com

Apa bisa menghasilkan duit dari WordPress.com?

Anda tidak bisa pasang Google Adsense atau penyedia CPC lainnya. Hanya bisa menggunakan WordAds (punya WordPress.com) Itupun belum tentu keterima. Anda juga tidak bisa jualan di WordPress.com, hanya bisa pasang link afiliasi saja.

Untuk buat toko online bagusan mana?

Sudah jelas WordPress.org

Apa bisa pindah dari WordPress.com ke WordPress.org?

Bisa! Anda bisa migrasi semua konten dari WordPress.com ke WordPress.org.

Kenapa nama dan logo WordPress bisa sama dan hanya beda domain saja?

Sebenarnya nama dan logo WordPress itu dimiliki oleh automattic (perusahaan utama yang punya WordPress.com) yang didirikan oleh Matt Mullenwegg. Tetapi diberikan ke WordPress.org karena WordPress.org ini bersifat open source dan pengembangannya dilakukan secara gratis oleh berbagai programmer dari seluruh penjuru dunia. WordPress.org ini istilahnya semacam yayasan yang bertujuan mengembangkan platform WordPress.

Leave a Reply