6 Tips Memilih Nama Domain Website SEO Friendly

Content Protection by DMCA.com
85 / 100

Terakhir di Update September 3, 2020

Yang paling pertama dipikir untuk membuat website adalah memilih nama domain atau istilah gampangnya nama website anda dan memilih hosting untuk wordpress. Menurut saya memilih nama domain website ini sangat penting, untuk itulah saya buatkan tips memilih nama domain website yang seo friendly ini juga.

Memilih Nama Domain Website

Alasan memilih nama domain website ini penting adalah kalau salah pilih maka anda akan ribet untuk memindahkannya nanti. Ribet untuk rebranding, ribet untuk migrasi, atau bahkan bisa nama domain anda sudah diambil duluan.

Walaupun terdengar sepele, tetapi memilih nama domain jangan asal-asalan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih nama domain yang tepat dan juga seo-friendly.

Tips Memilih Nama Domain Website Seo Friendly

Berikut ini adalah beberapa tips memilih nama domain website seo friendly:

  1. Selalu mulai dari .com
  2. Jangan gunakan tanda baca
  3. Perhatikan biaya perpanjangan ekstensi
  4. Perhatikan aturan copyright
  5. Nama Domain Branding vs Keyword
  6. Langsung BELI!

Selalu mulai dari .com

Sekarang ini banyak sekali ekstensi domain seperti .xyz, .biz, .money, dll. Untuk itu tips pertama dalam memilih nama domain website seo friendly adalah selalu research domain anda dari TLD (top level domain) .com.

Jangan terpancing dengan eksitensi domain yang sangat murah, gratis, atau domain yang unik. Contoh misalnya banyak banget penggunaan ekstensi domain yang berbeda biar unik/keliatan beda sendiri saja.

Selalu gunakanlah .com karena ekstensi ini paling banyak digunakan dan sudah sangat lama. Orang-orang akan lebih cenderung mengetik .com daripada ekstensi domain lain.

Apalagi dengan teknologi saat ini, ekstensi .com bahkan sudah menjadi ekstensi default di keyboard semua hp.

Perhatikan biaya perpanjangan tahunan ekstensi domain

Biasanya ekstensi domain seperti .xyz .click, atau yang aneh-aneh itu sangat murah harganya sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi para pemula.

Nah saran kedua dalam memilih nama domain website adalah selalu perhatikan biaya perpanjangan tahunan ekstensi domain atau lebih baiknya jangan beli ekstensi domain yang aneh-aneh dan murahan! Iya memang murah untuk pendaftaran awalnya, tetapi untuk perpanjangan tahunannya bisa sampe jutaan loh!

Kok bisa? Karena ekstensi domain tersebut harganya tidak stabil dan masih merupakan harga promo. Jangan sampai kamu sudah susah payah ngembangin website selama setahun tetapi harus berhenti karena gak mampu bayar biaya perpanjangan domainnya.

Jangan gunakan tanda baca

Tips kedua dalam memilih nama domain website yang seo friendly adalah jangan menggunakan tanda baca. Tips ini karena penggunaan tanda baca akan mengganggu branding nama domain anda.

Tanda baca yang paling sering digunakan dalam nama website adalah “-” contoh toko-online-saya.com. Selain itu juga penggunaan tanda baca pada domain akan membuat orang kesal dalam mengetik nama domain karena letak tanda baca pada keyboard. Singkatnya, tidak baik untuk pengalaman pengguna.

Biasanya orang menggunakan nama domain dengan tanda hubung karena nama domain yang diinginkan sudah diambil. Jika demikian, maka carilah nama domain lain.

Perhatikan aturan copyright

Info ini saya dapat dari grup WordPress Indonesia. Gabung aja disana untuk dapat insight baru dari sesama pengguna, pengembang, dan suhu WordPress. Termasuk web saya juga ini karena dapat insight dari anggota WordPress Indonesia.

Website saya sebelumnya ini ada di pintarwordpress.com tetapi kemudian saya ganti menjadi belajarwpseo.com. Sudah lihat masalahnya dimana?

Yap, masalahnya adalah penggunaan nama WordPress yang sudah dilindungi hak cipta. Jika saya tetap menggunakan nama domain pintarwordpress.com dan kemudian ada kompetitor yang iri (semoga aja gak) dan melaporkannya ke WordPress maka website saya bisa ditakedown.

Jadi sebelum domain pintarwordpress.com berkembang pesat dan akan membuat saya lebih repot nantinya, saya memutuskan untuk pindah domain ke belajarwpseo.com. Berikut ini tutorial cara pindah domain wordpress untuk anda yang membutuhkan.

Berikut penjelasan lebih dalam tentang copyright infringement di nama domain. Jadi sebaiknya anda gunakan nama brand/bisnis anda. Atau jika ingin menggunakan nama besar seperti WordPress maka gunakan singkatan yang maknanya bisa apa saja. Contoh belajarwpseo.com.

Nama Domain Branding vs Keyword

Kenapa ini saya taruh paling akhir? karena walaupun nama domain berguna untuk SEO, tetapi signifikansi tidak terlalu dominan satu sama lain. Karena bagi saya, SEO itu adalah tentang konsistensi. Kita akan bahas di postingan lainnya ya.

Anda bisa memilih nama domain website menggunakan branding anda. Contoh adidas.com, nike.com, tokopedia.com. Penggunaan nama domain branding ini saya sarankan untuk anda yang menjual branding dalam bisnis.

Yang kedua adalah memilih nama domain website menggunakan keyword. Contoh belajarwpseo.com, jasadesainwebsite.com. Penggunaan nama domain ini bagus untuk optimasi SEO awal. Walaupun tidak memiliki perbedaan signifikan dengan nama domain branding.

Anda juga bisa menggunakan keduanya sebagai strategi SEO Anda. Contohnya jika bisnis anda adalah desain website. Maka anda bisa menggunakan nama domain branding sebagai website utama. Kemudian menggunakan nama domain keyword contoh jasadesainwebsitejakarta.com untuk menggaet audiens di jakarta dengan isi website mengarahkan ke domain branding utama anda.

Langsung BELI!

Tips terakhir adalah langsung beli! Jangan menunda! Bisa saja hari ini anda cek domain masih tersedia, tetapi kemudian besoknya sudah ada yang beli.

Harga domain sebenarnya sangat murah, mulai dari 150ribu per tahun. Tetapi karena sistemnya yang limited makanya nama domain ini bisa jadi komoditi langka dan barang termahal didunia. Lihat saja berikut nama domain termahal di dunia.

Tentu anda tidak ingin membeli domain dengan harga segitu bukan? Maka dari itu, jika nama domain yang anda cari sudah tersedia maka langsung beli sebelum diambil orang dan anda harus membeli dari orang tersebut dengan harga yang bisa diatas harga pasar.

Itu dia tips memilih nama domain website agar lebih SEO Friendly. Kalau ada pertanyaan atau request tutorial, langsung ke kolom komentar ya.

Leave a Reply