Tutorial Lengkap Mengatasi Website Ada Tulisan Jepang di Index Google 2020

Content Protection by DMCA.com
85 / 100

Terakhir di Update September 3, 2020

Jika website anda ada tulisan & huruf jepang di google maka website anda sudah kena japanese keyword hack. Berikut tutorial lengkap cara mengatasi website ada tulisan Jepang di Index Google.

Apa itu Japanese keyword hack? dan bagaimana cara mengecek apakah website saya terinfeksi japanese keyword hack? Lalu bagaimana cara mengatasi japanese keyword hack dari website? Baca artikel ini sampai habis ya.

Mengatasi Website Ada Tulisan Jepang

Apa itu Japanese Keyword Hack?

Japanese keyword hack ini salah satu tipe malware yang menyerang SEO website anda. Hal ini akan berdampak pada optimasi SEO website anda. Malware tersebut bekerja dengan mengganti file pada root folder website, mengedit robots.txt, dan menjadi owner website anda di Google Search Console.

Sehingga website anda akan menampilkan halaman auto generated dari malware tersebut dan berubah menjadi tulisan-tulisan jepang. Alhasil, pada hasil pencarian google website ada tulisan jepang.

Malware ini lebih banyak menyerang website yang menggunakan Content Management System (CMS) seperti wordpress ini.

cara mengatasi japanese keyword hack
Contoh Infeksi Japanese Keyword Hack

Bagaimana cara mengetahui website saya sudah terinfeksi japanese keyword hack?

Cara paling gampang mengecek website ada tulisan jepang atau tidak adalah dengan mengecek di mesin pencari google. Cukup cari site:websiteanda.com di google dan jika hasil pencarian yang ditampilkan ada huruf atau tulisan jepang berupa kanji maka website anda sudah terinfeksi malware japanese keyword hack.

Gambar diatas adalah bagaimana malware japanese keyword hack ini merubah index google website anda menjadi tulisan-tulisan jepang. Mulai dari judul hingga deskripsi semua berubah menjadi tulisan aneh.

Apa Penyebab Website Terinfeksi Japanese Keyword Hack?

Salah satu penyebab website ada tulisan jepang di index google adalah penggunaan theme dan atau plugin bajakan / nulled. Theme dan plugin bajakan/nulled lebih murah tetapi sangat tidak direkomendasikan untuk digunakan. Karena bisa saja theme dan plugin tersebut sudah disisipi malware seperti ini.

Jika ingin menggunakan theme atau plugin pro, ada baiknya gunakan jasa install atau patungan. Bisa hubungi saya disini jika ingin menggunakan jasa instal dari saya.

Bagaimana cara mengatasi website ada tulisan Jepang / Japanese Keyword Hack?

Kalau anda sudah berada disini, berarti di pada website ada tulisan Jepang dan sudah terinfeksi japanese keyword hack. Nah disini saya memberikan tutorial lengkap bagaimana cara mengatasi japanese keyword hack di website anda.

Backup Website Anda & Download Core File WordPress Terbaru

Cara mengatasi japanese keyword hack yang pertama adalah backup website anda. Anda bisa melakukan backup dengan plugin rekomendasi saya yaitu Updraftplus atau bisa melalui cpanel.

Setelah melakukan backup, silakan download core file WordPress terbaru. Tujuannya adalah untuk mengganti file website yang sudah terinfeksi malware tersebut.

Install WordFence pada Website Anda

Tahap selanjutnya adalah menginstall WordFence pada website anda. WordFence ini plugin security gratis. Tetapi fiturnya sangat bermanfaat. Tidak ada setingan khusus untuk penggunaan WordFence. Tujuan kita menginstal WordFence adalah untuk mengetahui file apa yang sudah dimodifkasi dan mengandung malware di root folder website kita. Tujuan kedua adalah untuk mencegah hack ini terulang kembali.

Setelah sukses terinstal dan aktivasi, masuk ke Menu Scan WordFence, kemudian klik Start Scan. Tunggu sampe proses Scan berakhir, nanti pada bagian Results Found akan muncul Nama File yang mencurigakan dan mengandung Malware. Perhatikan pada Critical. Semua file yang ada isu Critical itu harus kamu ganti dengan file wordpress yang baru anda download sebelumnya. Jangan pilih Delete File.

report wordfence

Kalau sudah menemukan nama file apa saja yang harus dibersihkan, maka selanjutnya adalah mengakses file tersebut pada root folder website anda.

Mengganti File Yang Sudah Terinfeksi

Login ke cPanel dan masuk ke root folder website anda. Kemudian pilih file yang sudah terinfeksi dan pilih edit. Delete semua isi didalam file tersebut.

Kemudian buka file dengan nama yang sama dari folder WordPress yang telah anda download sebelumnya. Copy isi tersebut dan kemudian paste-kan pada file di website anda.

Lakukan ini untuk mengganti semua file yang telah terinfeksi dengan file baru dari WordPress.

Cek Google Search Console

Selanjutnya adalah menghapus Owner palsu dan sitemap malware yang disubmit oleh hacker, dan menghapus cache SERP .

Menghapus Owner Tidak Dikenal

Masuk ke Settings -> Pilih User & Permissions -> Anda akan liat list owners. Jika anda melihat nama dan email yang tidak dikenal. Maka harus segera dihapus.

Pilih Opsi titik tiga pada pojok kanan. Kemudian pilih Manage Property Owners.

cara remove property owners

Anda akan diarahkan ke halaman baru. Scroll paling bawah ke bagian Verified Owners. Cari email yang tidak dikenal kemudian pilih Unverify.

Tutorial Lengkap Mengatasi Website Ada Tulisan Jepang di Index Google 2020 6

Menghapus Sitemap Malware

Tahap selanjutnya cara mengatasi japanese keyword hack adalah menghapus sitemap yang disubmit oleh owner tadi. Caranya adalah masuk ke menu Sitemap. Jika ada sitemap yang tidak anda kenal, maka hapuslah sitemap tersebut dari google search console anda.

cara remove sitemap
contoh remove sitemap

Menghapus Cache SERP Japanese Keyword Hack

Nah disini bisa dibilang mengetes keburuntungan anda. Kenapa demikian? Karena semakin banyaknya halaman yang terinfeksi, maka semakin susah bagi anda untuk menghapus semuanya.

Cara mengatasi japanese keyword hack di google search console disini kita akan menghapus semua cache hasil pencarian website anda agar ketika mencari site:websiteanda.com akan bersih dari japanese keyword hack.

Step 1. Mengecek Berapa Banyak Halaman Terinfeksi

Masuk ke Coverage kemudian cek Valid. Lihat url website anda yang berakhir aneh. Lihat gambar.

url terinfeksi japanese keyword hack

Url ini harus dihapus indeks dari google. Jika url tersebut melebih 1000 maka anda sedang sial. Karena Saya belum menemukan cara mengekspor url dari google search console diatas 1000. GSC membatasi ekspor url sebanyak 1000. Satu-satunya cara gratis adalah dengan selalu melihat site:websiteanda.com di google dan melakukan remove manual.

Jika url tersebut kurang dari 1000 maka anda beruntung karena bisa melakukan cara mengatasi japanese keyword hack dengan proses remove url dengan cepat dan otomatis. Simak caranya dibawah ini.

Step 2. Install Bulk Outdated Content Removal

Google Search Console URL Removal cuman bisa dengan cara copy paste manual satu per satu. Bayangkan jika tidak ada tool ini dan halaman yang terinfeksi mencapai 1000 lebih. Nah dengan ekstensi chrome ini, anda bisa melakukannya secara bulk, otomatis dan cepat.

Download filenya disini

Untuk instal di google Chrome, masuk ke more tools > extensions > hidupin developer mode di pojok kanan atas > pilih Load Unpacked di sebelah kiri atas > pilih folder extension yang sudah di download tadi. Setelah beres install, silakan ke Removal Tool. Kalau sukses, disebelah tombol Request Removal ada tombol Upload Files.

google removal tool untuk cara mengatasi japanese keyword hack

Step 3 Download URL Terinfeksi

Google Search Console membatasi 1000 url yang bisa didownload. Maka dari itu, jika halaman website anda yang terinfeksi lebih dari 1000 sisanya harus manual. Atau tunggu 1-3 bulan untuk google recrawl website anda. Bisa juga delete seluruh website anda dan buat ulang dari awal.

Untuk download url tersebut, masuk ke halaman Coverage. Anda bisa pilih Submitted and indexed atau Indexed, not submitted in sitemap. Yang penting pilih dimana url terinfeksi berada. Kemudian pilih Export di pojok kanan atas dan pilih .CSV.

Step 4 Upload dan beres

File yang di download tadi berisi 3 file. Cari file .csv yang bernama Table. File ini yang harus di upload di Removal Tool tadi. Setelah upload, silakan tunggu prosesnya hingga selesai. Lagi, google membatasi hanya 1000url per hariyang bisa di request untuk dihilangkan.

Nah itu dia cara mengatasi japanese keyword hack. Gampang dan sedikit ribet memang. Maka dari itu jangan pernah gunakan theme dan plugin bajakan.

Untuk dapat info dan tutorial seperti yuk belajar wordpress bareng. Kalau teman-teman ada pertanyaan atau bingung tentang wordpress, silakan tanya di kolom komentar ya akan saya buatin tutorial seperti cara mengatasi japanese keyword hack ini.

Leave a Reply