Cara Menghubungkan Google Analytics dengan Google Search Console (2020)

Content Protection by DMCA.com
83 / 100

Terakhir di Update September 4, 2020

Pengen lihat data Google Search Console di Google Analytics? Nah sekarang kita akan bahas cara menghubungkan Google Analytics dengan Google Search Console.

Setelah berhasil daftar pasang Google Analytics di website kamu, maka selanjutnya kita akan menghubungkannya ke Google Search Console. Tapi sebelumnya website kamu juga sudah harus verifikasi google search console ya.

Lalu apa manfaat integrasi Google Analytics dengan Google Search Console? Dengan menghubungkan keduanya, kita bisa lihat performa kata kunci dari mesin pencari Google yang sudah tergabung dengan data dari Google Analytics.

Lebih lanjut, kita bisa menarik data dari Search Console ke dalam laporan Google Analytics. Seperti behviour, goals, sumber trafik, perangkat pengguna, dan negara asal dari pencarian Organik. Kita juga jadi bisa melihat halaman website yang performanya rendah sehingga kita dapat melakukan optimasi untuk halaman tersebut.

Simpelnya, kita jadi bisa lihat data antara kedua platform analisis website ini dalam satu dashboard saja, yaitu Google Analytics. Walaupun demikian, kamu masih harus tetap bisa menggunakan Search Console juga ya.

Yuk langsung saja ikuti tutorial Cara Menghubungkan Google Analytics dengan Google Search Console

Cara Menghubungkan Google Analytics dengan Google Search Console (2020)

Menghubungkan Google Analytics dengan Google Search Console

Cara menghubungkan google analytics dengan google search console cukup mudah. Kamu hanya harus pergi ke settingan Property Settings dan pilih Adjust Search Console. Kemudian pilih website yang sudah terverifikasi search console dan pilih save.

Kalau masih bingung, ikuti tutorial ini ya.

Langkah 1. Masuk ke akun Google Analytics kamu.

Langkah 2. Pilih Admin di pojok kiri bawah. Pilih Property Settings. Kemudian scroll kebawah hingga kamu menemukan Adjust Search Console.

Menghubungkan Google Analytics dengan Google Search Console

Langkah 3. Pilih Add pada menu Search Console Settings.

Cara Menghubungkan Google Analytics dengan Google Search Console (2020) 4

Langkah 4. Selanjutnya kamu harus pilih properti website yang sudah terverifikasi search console dan yang ingin dihubungkan dengan google analytics. Kemudian pilih Save.

Kalau kamu tidak melihat website kamu padahal sudah terverikasi search console berarti ada dua penyebab. Pertama, kamu harus login dulu dengan satu akun gmail yang sama antara google analytics dan google search console. Kedua, kamu harus verifikasi search console dengan teknik URL Prefix, kalau tidak maka website kamu tidak akan ada ditahap ini.

Cara Menghubungkan Google Analytics dengan Google Search Console (2020) 6

Langkah 5. Refresh Google Analytics dan selamat kita sudah berhasil menghubungkan google analytics ke search console.

Cara Menghubungkan Google Analytics dengan Google Search Console (2020) 8

Kesimpulan

Nah itu dia tadi cara mudah menghubungkan google analytics dan google search console. Kamu sekarang sudah bisa melihat data data dari Google Search Consol di Google Analytics di menu Acquisition dan pilih Search Console.

Cara Menghubungkan Google Analytics dengan Google Search Console (2020) 10

Gunakan kolom komentar dibawah jika ada pertanyaan ya. Kalau mau request tutorial juga bisa, tinggal hubungi saya di FB ini atau gabung ke grup facebook saya.

Leave a Reply