Panduan Teknis Menulis Artikel SEO-Friendly di WordPress (2020)

Di bab sebelumnya kita belajar tentang riset kata kunci untuk digunakan menulis artikel seo-friendly.

Kata om Panduanim, artikel yang human-friendly itu sudah otomatis SEO-friendly. Saya saranin baca disana untuk mengetahui bagaimana kualitas artikel SEO ya. Kalau disini bahasannya mungkin lebih ke teknis nya.

Di bab pertama saya sudah jelaskan kenapa harus artikel, karena kita akan susah untuk ranking berbagai macam kata kunci untuk diletakkan di halaman utama.

Untuk itu, kita harus menarget kata kunci yang dicari orang dengan menggunakan artikel. Dengan cara ini kita bisa memberikan value kepada audiens.

Lalu apakah saya bisa ranking beberapa kata kunci untuk halaman utama? Bisa saja tapi harus jenis kata kunci short-tail (+ persona atau + lokal atau kata kunci brand).

Cuman yang harus diperhatikan nantinya adalah strategi internal linking, serta strategi link buildingnya. Kita akan bahas itu nanti ya.

Disini kita fokus dulu untuk menulis artikel seo friendly dengan kata kunci yang sudah kita dapatkan. Kita akan menggunakan bantuan plugin Rank Math SEO untuk membantu kita melihat skor on-page SEO.

Skor on-page SEO ini hanya sebagai guideline jangan terlalu mengejar skor 100, jangan terlalu mendewakan, jangan terlalu stress ini.

menulis artikel seo

Tips Menulis Artikel SEO Dengan Rank Math

Tips paling utama dalam menulis artikel seo adalah jangan dulu memikirkan tentang SEO dan skor dari Rank Math ini ya.

Urutannya adalah tulis aja dulu, baru terakhir kita review kembali skor dari Rank Math. Jika ada yang tidak sesuai, bisa kamu kondisikan / perbaiki artikelnya agar setidaknya bisa dapat skor diatas 75.

Apakah menulis artikel seo harus skor wajib diatas 75? Tidak tentu! Ada beberapa halaman pada sebuah website yang tidak harus kita optimasi sampai dapat skor 75 keatas, contohnya halaman about, disclaimer, checkout, dll.

Tapi untuk halaman artikel, sangat penting untuk dapat skor 75 ke atas. Tapi tetap ingat ya jangan sampai tulisannya tidak nyaman dibaca oleh manusia.

Nah berikut ini kita akan belajar menulis artikel SEO dengan bantuan Rank Math agar mendapatkan skor SEO yang bagus tapi juga nyaman untuk pembaca.

Oh ya satu lagi, artikel kita boleh SEO friendly, dapat skor tinggi. Tapi kalau value dan kualitas dari artikel tersebut tidak ada ya, sama aja 0. Wajib banget melakukan riset terlebih dahulu ya.

Penggunaan Kata Kunci

URL

Pada bab tentang komponen on-page SEO disana kita sudah belajar tentang bagaimana memilih permalink yang baik yaitu pilih permalink sesuai fungsi website kita dan target audiensnya.

Nah poin pada tulisan ini adalah kita harus menggunakan kata kunci utama pada URL sebagai salah satu faktor optimasi on-page SEO.

Meta Deskripsi

Rank Math akan otomatis ambil paragraf pertama sebagai meta deskripsi. Tapi kalau paragraf pertama kepanjangan nanti indikatornya bisa merah.

Kamu bisa ganti meta deskripsi agar berbeda dari paragraf dengan mengklik Edit Snippet.

Panduan Teknis Menulis Artikel SEO-Friendly di WordPress (2020) 2

Judul

Paling pertama dalam menulis artikel seo adalah judul. Yang pertama kali dilihat adalah judul! Orang-orang akan mengklik artikel jika perpaduan antara kata kunci dan judul sangat menarik! Dalam artian, buatlah yang click-bait, tapi kontennya tidak click-bait.

Lah itu gimana? Banyak orang gak suka judul click bait simpel karena kontennya tidak sesuai judul. Maka dari itu, buatlah judul click bait yang menggambarkan isi konten.

Taruhlah kata kunci pada judul, dan buatlah judul yang menarik dibaca oleh manusia – bukan mesin pencari. Kemudian letakkan kata kunci tersebut pada focus keyword di Rank Math.

menulis artikel seo di rank math

Konten

Sudah lihat gambar diatas? Coba perhatikan kata kunci saya menulis artikel seo itu saya letakkan di paragraf pertama.

Di Rank Math juga ada indikator Keyword Density. Indikator untuk menandai berapa banyak kata kunci yang harus digunakan dalam sebuah artikel. Kita bisa tambahkan kata kunci pada artikel hingga setidaknya indikatornya menjadi kuning atau hijau.

Panduan Teknis Menulis Artikel SEO-Friendly di WordPress (2020) 5
Keyword Density

Tapi yang paling utama adalah jangan sampai keyword stuffing dan artikelnya jadi tidak enak dibaca. Lihat gambar dibawah ini, gak enak dibaca kan?

menulis artikel seo jangan sampai keyword stuffing
Lebih enak di baca yang bawah kan?

Saya selalu memperbaiki keyword density ini paling akhir setelah selesai buat artikel, biar saya bisa menambahkan kata kunci pada paragraf yang sesuai.

Pertama adalah kamu tambahkan saja dulu semua kata kunci pada artikel kemudian kamu hitung di indikator Rank Math, berapa kata kunci yang harus ditambahkan biar bisa hijau.

Setelah dapat nominal baru kamu distribusikan kata kunci nya ke berbagai paragraf yang sesuai. Lebih bagus lagi jika kita distribusikan kata kuncinya dengan memanfaatkan search intents dan LSI.

Gambar

Gambar ini wajib banget dalam sebuah artikel. Biar bisa lebih menarik, kamu bisa langsung berikan contoh dengan gambar, atau berikan infographic.

Nah disini saya gak akan bahas tentang gambar apa yang bagus, tapi lebih ke penggunaan kata kunci pada gambar.

Penggunaan kata kunci pada gambar ini di taruh di alt tag atau alt text. Sementara untuk caption dan deskripsi ini bisa berbeda dari yang ada di alt tag.

Panduan Teknis Menulis Artikel SEO-Friendly di WordPress (2020) 8

Saya hanya menggunakan kata kunci di alt text hanya di satu gambar utama saja, untuk gambar lainnya kamu harus deskripsikan sesuai gambarny ya.

Kalau di caption gak usah pakai kata kunci, tapi lebih ke mengarahkan gambar tersebut.

Format Penulisan Artikel

Disini kita akan berbicara tentang format menulis artikel SEO ya. Beberapa yang harus diperhatikan adalah minimal kata, paragraf, penggunaan heading, hingga daftar isi.

Minimal Kata

Kalau di Rank Math minimum 600 kata biar dapat kuning, kalau hijau harus 1000 kata ke atas.

Tapi yang paling penting dalam menulis adalah bobot dan kualitas artikelnya. Jangan sampai kita buat artikel 1000 kata tapi penggunaan kata nya tidak berbobot – banyak pengulangan, banyak kata yang tidak jelas.

Apakah boleh cuman 300 atau 500 kata? Boleh boleh saja, beberapa artikel tutorial, tips & trik saya cuman sampai 500 kata, yang penting adalah bobotnya.

Paragraf

Kalau di sekolah kita belajar dalam sebuah paragraf wajib ada minimal 5 kalimat dan kalimat pokok. Rumus ini tidak berlaku seutuhnya untuk penulisan di SEO.

Buatlah paragraf yang singkat, terdiri dari 2 sampai 3 kalimat. Dan pastikan ada kalimat pokok dalam paragraf tersebut.

Kenapa demikian? Biar pembaca nyaman dan tidak sakit mata. Mesin robot Google juga udah tahu kok mana kalimat utama dan mana kalimat pendukung berdasarkan database kueri pencarian mereka.

Di Rank Math, ada indikator “you are using short paragraphs”. Kalau kamu sudah paragraf yang pendek, ini akan otomatis jadi hijau.

kalimat dalam paragraf
lebih enak baca yang bawah kan?

Heading atau Subtopik

Gunakan heading atau subtopik dengan benar agar struktur penulisan bisa lebih mudah dibaca oleh robot Google.

Ini lebih ke struktur website, tapi selalu kelompokkan subtopik dalam heading ya.

Secara otomatis kalau menggunakan gutenberg, kita akan mulai dari Heading 2 / H2. Kemudian dibawah H2 ada Heading 3, dst sampai H5.

Kelompokkan subtopik sesuai turunan heading ya. Contohnya

Panduan Teknis Menulis Artikel SEO-Friendly di WordPress (2020) 11
contoh pengelompokkan

Apakah wajib dikelompokkan? Tergantung bagaimana struktur artikel kamu ya.

Kalau artikel listicle biasanya langsung di H2, sementara artikel tutorial bisa sampai pakai ke H3.

Lihat contoh artikel tutorial saya yang sampai menggunakan H5 disini biar bisa memberikan kamu gambaran penggunaan heading.

Daftar Isi

Daftar isi ini penting untuk memberikan kemudahan bagi pembaca dalam membaca artikel mu. Dengan daftar isi, pengunjung akan lebih mudah untuk navigasi / memilih topik yang ingin dibaca.

Kamu bisa install plugin Daftar Isi yang ada di WordPress. Website saya ini pakai plugin LuckyWP Table of Contents.

daftar isi dari luckywp table of contents

Wajib Baca

Berikut ini hal hal yang wajib kita ketahui dalam penggunaan Rank Math untuk menulis artikel seo.

  • Rank Math belum mendukung bahasa Indonesia. Jadi nanti di bagian Title Readability nya pasti akan ada dua error yang berhubungan dengan power words dan positive words. Ini bisa dihiraukan saja.
  • Saya ulangi lagi, skornya tidak harus sampai 100. Minimum skornya 75 keatas untuk halaman artikel ya.

Enaknya pakai Rank Math, ada fitur OpenGraph. Kamu bisa baca tutorial OpenGraph agar gambar berbeda saat di share ke Facebook dan Twitter.

Nah itu dia panduan teknis menulis artikel seo di WordPress dengan bantuan plugin Rank Math. Semoga bermanfaat ya.

Bab Belajar SEO selanjutnya kita akan membahas tentang strategi Off-Page.